Dia-lah Satu Cahaya

Just another WordPress.com weblog

4. Diantara Kebiasannya adalah Memulyakan Ilmu dan Ahli Ilmu

Bagaimana Syeikh Mursyid kita mengagungkan ilmu dan mengajarkan ilmu, beliau adalah satu-satunya manusia dimasa dan ditahunnya sebagai orang diatas orang yang berilmu, diatas ulama dan diatas orang yang paling berilmu .

Allah tidak menciptakan dua matahari didunia, begitu juga menciptakan mujaddid yang memujaddidkan iman umat dizamnnya, tidak ada yang kedua untuk beliau yang serupa didalam ilmu dan amalannya. (Kitab As Shilah baina al Tashawuf wa al Tasyi’ Bab 3 h : 466 ) karena guru mengajarkan ilmunya kepada para pelajar yang tidak tahu sesuatu dari ilmu, kecuali sesuatu diajarkan oleh Allah kepadanya, dan Alah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an :

قل انما العلم عند الله وانما أنا نذير مبين. (الملك : 26)

“ Katakanlah “ sesungguhnya ilmu( tentang hari kiamat itu) hanya pada sisi Allah Dan sesungguhnya Aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan”.( QS. Al-Mulk : 26)

dan firman Allah :

سبحانك لا علم لنا الا ما علمتنا انك انت العليم الحكيم . (البقرة : 32)

” Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada Kami; sesunguhnya hanya Eangkaulah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana”. (Q.S Al-Baqarah:32)

Allah mengetahui bahwasannya muallim adalah wasilah antara Allah dan orang yang belajar sebagaiman firman Allah :

وعلمتم ما لم تعلموا أئتم ولما ئاباؤكم. (الأنعام : 91)
” dan telah diajarkan kepadamu apa yang kamu dan bapak-bapak kamu telah mengetahuinya” (QS. Al-An’am : 91)

dan firman Allah :

والله اخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا. (النحل : 78)

”Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun”. (QS. Al-Nahl : 78)

Semenjak ibumu melahirkan kamu sekalian sampai hari ini dan sampai hari akhir, mereka tidak mengetahui sesuatu kecuali apa yang telah Allah beritahu kepadamu dan apa yang telah diketahui olehmu dari ulama-ulama yang paling besar, mereka tidak mengetahui sesuatu , mereka tidak mengetahui sesuatu, mereka tidak mengetahui sesuatu.

Allah berfirman :

وفوق كل ذي علم عليم . (يوسف : 76)

“Dan diatas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang Maha mengetahui”. (QS Yusuf : 76)

dan Allah mengetahui sebelum ada lafazd “ya’lam” dan lafdz “ya’lam” diketahui setelah ada manusia yang mengatakan lafadz “ya’lam”, tetapi Allah mengangkat derajat orang yang beriman kepadanya dan yang berilmu. Rasulullah memerintahkan kepada kita untuk mencari ilmu sesuai dengan sabda Nabi SAW :

اطلبوا العلم ولو بالصين فان طلب العلم فريضة على كل مسلم. (رواه العقيلي وابن عدى والبيهقي)

“Carilah ilmu walaupun ke cina, maka sesungguhnya mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim” (HR al Uqaili dan Ibn ‘Ada dan Baihaqi)

Maksud ilmu dalam hadits ini adalah ilmu yang bermanfaat tidak untuk setiap ilmu, karena nabi meminta perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat pada waktu berdo’a dengan kalimat sebagai berikut :

اللهم انى اعوذبك من قلب لا يخشع ومن دعاء لا يسمع ومن نفس لا تشبع ومن علم لا ينفع اعوذبك من هاؤلاء الاربع. (رواه الترمذي والنسائ عن هبن عمر )

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang tidak khusyu’, dari do’a yang tidak didengar, dari jiwa yang tidak kenyang, dan dari ilmu yang tidak bermanfaat. Aku berlindung kepada-Mu dari semua yang empat.”(H.R. Turmudzi dan Nasa’I dari Ibn ‘Amir)

Ilmu bermanfaat adalah ilmu hati. Sebagaimana Rasulullah bersabda :

العلم علمان فعلم فى القلب فذالك العلم النافع, وعلم على اللسان فذالك حجة الله على ابن ادم. (رواه ابن ابي شيبه والحاكيم عن الحسن)

“ilmu ada dua, ilmu didalam hati yang merupakan ilmu bermanfaat dan ilmu di lisan saja hal itu hujjah Allah terhadap anak adam”. (HR. Ibn Abi Syaibah dan Hakim dari Hasan)

Dan Rasulullah bersabda :

العالم والعلم والعمل فى الجنة فاذا لم يعمل العالم بما يعلم كان العلم والعمل فى الجنة وكان العالم فى النار. (رواه الديلمي عن ابي هريرة)

”Orang yang berilmu dan beramal akan masuk surga, dan apabila orang berilmu tidak beramal maka masuk neraka”.(HR. Dailami dari Abi Hurairah)

dan dari Umar bin Khathab r.a , bahwasannya Rasulullah bersabda :

ان العالم اذا لم يعمل بعلمه لعنة العلم من جوفه ويلعنه كل شيئ طلعت عليه الشمس وتكتب الحفظة كل يوم ختما على صحيفته هذا عبد أيس من رحمة الله .

” Apabila orang berilmu tidak beramal dengan ilmunya maka ilmu itu melaknatnya dari tenggorokkannya dan ilmu juga melaknat setiap sesuatu yang disinari matahari, setiap hari malaikat hafadzah menulis satu tamatan pada lembarannya. Dan ini adalah hamba yang jelek dari rohmat Allah.

Wahai Abdullah dan wahai orang yang menyia-nyiakan sayyidnya, barang siapa tidak mengamalkan dengan ilmunya maka Allah melaknat, apabila mati Allah mencabut ruhnya dengan tidak bersyahadat. Dan diharamkan maut kepada orang yang beriman, mudah-mudahan Allah melindungi kita dari hal itu.
Berkata Sayid Syekh Abdul Qadir Jaelani q.s kamu adalah buta, bagaimana kamu menuntun orang lain ? sedangkan yang menuntun orang lain adalah tidak melihat karena penglihatan baginya adalah ilmu dan amal dan buta baginya adalah ilmu saja tapi tidak melakukanny, sebagaiman dalam kitab Taqwa’lim Muta’alim disebutkan bahwa :

فساد كبير عالم متهتك # واكبر منه جاهل متنسك

“Kerusakan yang besar adalah orang yang tidak melakukan
dan yang paling besar adalah orang bodoh yang melakukan”

Allah berfirman :

كبر مقتا عند الله أن تقولوا ما لا تفعلون . (الصف : 3)

” Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan”.( QS Shaff : 3).

Mudah-mudahan Allah menjadikan kepada kami orang yang berilmu, beramal dan.. orang ikhlas. Firman Allah :

فنعم اجر العالمين. (الزمر : 74)

” Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal”. (QS. Azzumar : 74)

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: